(0362) 3361321
busungbiu@bulelengkab.go.id
Kecamatan Busungbiu

Hari ke 3 Pagelaran Seni dan Budaya Gita Merdangga Shanti V Kecamatan Busungbiu

Admin busungbiu | 28 Mei 2019 | 268 kali

Hari ke - 3 Pagelaran Seni dan Budaya Gita Mergangga Shanti V Kecamatan Busungbiu Tahun 2019 pada hari ini (27/5). Adapun tema Pagelaran Seni dan Budaya Gita Merdangga Shanti yaitu : Patemoning Pangider Bhuana yang mengandung arti Pertemuan dari segala aspek.

Acara yang diselenggarakan pada malam hari ini yaitu dengan penampilan yang pertama Desa Bongancina dengan mempersembahkan penampilan Geguntangan dan Pesantian, acara selanjutnya penampilan Sekaa Gong Loka Pala Seraya Desa Bengkel dan Sekaa Gong Desa Subuk dengan menampilkan dimasing-masing Sekaa yaitu Tabuh Kreasi dan Tari-tarian yang diiringi gambelan yang masing-masing mengeluarkan tabuh kreasi dan 2 tari-tarian .Format penyajian melalui system mabarung dengan pasangan lawan tanding sesuai dengan hasil keputusan panitia dimana Kedua grup / Sekaa bermain bergiliran.

Dalam pagelaran ini disii dengan hiburan-hiburan penampilan artis bali dan Penampilan joged bungbung dari Desa Busungbiu yang pada kesempatan ini mengeluarkan empat penari joged bungbung supaya masyarakat yang hadir untuk menyaksikan pagelaran seni biar tidak terasa jenuh dan bosan.

Kedua Sekaa Gong dan hiburan yang tampil pada pagelaran ini sukses menghibur penonton yang begitu banyak datang memenuhi lapangan umum natha praja kecamatan busungbiu.

Tujuan dilaksanakan Pagelaran ini diharapkan generasi muda dapat mengembangkan dan mempromosikan keberadaan keseniaan daerahnya khususnya Seni Tabuh dan Seni Tari khas Bali Utara/buleleng, Untuk menghidupkan kembali gairah dan semangat untuk melestarikan seni dan budaya lokal yang dimiliki khususnya di Kabupaten Buleleng dan Untuk menggerakan semua pihak terkait kepedulian dan keterlibatan dalam upaya pelestarian dan pengembangan budaya lokal.