(0362) 3361321
busungbiu@bulelengkab.go.id
Kecamatan Busungbiu

Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng

Admin busungbiu | 10 Desember 2025 | 59 kali

Operator Website Kecamatan Busungbiu Gede Kajeng Eka Sumertawan, A.Md, mengikuti Kegiatan Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng pada Hari Rabu, 10 Desember 2025 yang bertempat di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng. 

Sosialisasi diikuti oleh seluruh Operator Website pada masing-masing OPD di Lingkup Pemkab Buleleng. Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan dan Layanan Informasi Publik Gusde Mahardika, S.Sos dengan menghadirkan Narasumber dari Komisi Informasi Publik Provinsi Bali Dr. I Wayan Adi Aryanta SE.,SH.,MH serta Presiden Komunitas Jurnalis Buleleng I Putu Nova Anita Putra, SE.

Dalam Sambutannya Komisi Informasi Publik menekankan bahwa keterbukaan informasi merupakan pijakan utama untuk mendorong transparansi, akuntabilitas, sekaligus partisipasi masyarakat.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 menjadi dasar penting agar masyarakat memperoleh hak informasi secara adil, tetapi juga tetap melindungi data dan kepentingan publik yang sifatnya rahasia maupun strategis.

Kemudian dilanjutkan oleh Presiden Komunitas Jurnalis Buleleng, I Putu Nova Anita Putra, SE. Dalam penyampaiannya Beliau menekankan peran jurnalis dalam keterbukaan informasi publik adalah peran ganda sebagai penghubung dan penjaga pintu. Jurnalis menjamin informasi sampai ke Publik secara transparan dan akuntabel. 

Kegiatan sosialisasi ini dirangkaikan dengan pelatihan pembuatan konten berita, untuk membekali Badan Publik dalam mengelola dan menyampaikan informasi publik secara tepat, transparan, dan akuntabel. Melalui kegiatan ini, diharapkan Badan Publik berpartisipasi aktif melaksanakan kewajiban dalam menyediakan informasi dan mendorong masyarakat untuk aktif mencari informasi yang dibutuhkan sehingga Informasi Publik di Kabupaten Buleleng berjalan efektif dan akuntabel.