Sosialisasi Riwayat Sejak Soenda Ketjil dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng di Kecamatan Busungbiu

  • Admin Busungbiu
  • 30 Oktober 2019
  • Dibaca: 121 Pengunjung

Sosialisasi Sejarah Riwayat Soenda Ketjil (Museum Soenda Ketjil) yang dilaksanakan di Kantor Camat Busungbiu dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Pada Hari Ini, (30/10).

Camat Busungbiu I Gede Putra Aryana,S,Sos. MAP membuka acara Sosialisasi sekaligus menyambut kedatangan Tim Sosialisasi dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng yang pada hari ini dihadiri oleh Bapak Ir. Gede Subur selaku Kabid Sejarah Purbakala dan Made Sukanara selaku Kasi Permusiman Purbakala.

Sesuai PP RI No. 66 Tahun 2015 tentang Museum bahwa Museum adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, dan mengomunikasikan kepada masyarakat. maka museum merupakan lembaga yang sangat dilindungi oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Pada awal kemerdekaan Soenda Ketjil ditetapkan sebagai provinsi oleh Presiden Soekarno dengan I Gusti Ketut Pudja sebagai gubernurnya, provinsi ini salah satu provinsi pertama di indonesia yang mencakup Bali, NTT, NTB, dengan ibukotanya adalah Singaraja, yang kini menjadi ibukota di kabupaten buleleng di bali.

yakni pada masa kemerdekaan Kota Singaraja sempat menjadi Ibukota Kepulauan Sunda kecil dan Ibukota Provinsi Bali sampai tahun 1958. yang sempat pada saat itu menjadi distribusi barang antara dari Bali, ke NTB, NTT yang kemudian Ibukota Provinsi Bali dipindahkan ke Denpasar dan sekaligus berpindahnya pelabuhan utama ke daerah Benoa Denpasar. Perpindahan Ibukota dan Pelabuhan Utama Provinsi Bali ini merupakan awal dari menurunnya fungsi dari pelabuhan Buleleng.

Museum Soenda Ketjil didirikan mulai tanggal 13 maret 2018 tujuan didirikannya untuk mengenang mengenang buleleng kembali yang memiliki koleksi terdiri dari berupa Foto foto, dan benda benda yang berhubungan dengan segala aktivitas masyarakat, pelayaran dan perniagaan / perdagangan yang berkaitan dengan laut atau di sebut pelayaran niaga di kota buleleng di masa pemerintahan Gubernur Soenda Ketjil.

Dalam Hari yang sama juga dilaksanakan Sosialisasi Program Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Buleleng .Tim di pimpin oleh I PUTU KARIAMAN PUTRA S.Sos.MM (Sekdis ).Dalam materinya Putu Kariaman menyampaikan Program Dinas Kearsipan Kabpaten Th.2020 diantaranya : meningkatkan pelayanan ,pengelolaan ,pencatatan, dan pengembangan Arsip di Desa ,Instansi Kantor Camat ,di Sekolah sesuai Regulasi. serta meningkatkan pelayanan ke Arsipan yang berbasis Haiti.

Kegiatan Sosialisasi ini dengan menghadirkan Perbekel / PLH Perbekel atau yang mewakili se Kecamatan Busungbiu.

Share Post :