Pembinaan Tim Evaluasi Perkembangan Desa Kecamatan Busungbiu Ke Desa Bongancina

  • Admin Busungbiu
  • 26 Pebruari 2020
  • Dibaca: 191 Pengunjung

Dalam rangka persiapan Penilaian EPD tingkat Kabupaten, Tim EPD Kecamatan melaksanakan Pembinaan kepada Tim EPD Desa Bongancina pada hari ini, Rabu (26/2) bertempat di Balai Banjar Kaja Desa Bongancina.

Camat Busungbiu pada kesempatan ini diwakili oleh Kasi Pembangunan Kantor Camat Busungbiu yang sekaligus sebagi leading sektor dari kegiatan ini mengkoordinir Tim Kecamatan, didampingi oleh Kasi Pemerintahan dan Kasi Paten Kantor Camat Busungbiu, Ketua TP PKK Kecamatan Busungbiu Ny. Lestari Aryana turut hadir dalam Pembinaan EPD.

Pada kali ini Desa Bongancina memperoleh giliran mewakili Kecamatan Busungbiu untuk mengikuti Lomba EPD tingkat kabupaten.

Kembali di tekan kan dilaksanakannya EPD ini bertujuan untuk menggali potensi Pemerintagan Desa tentunya di dukung dengan masyarakat untuk bagaimana upaya dalam hal peningkatan kesehjatraan masyarakat pada penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, kemasyarakatan.

Pada dasarnya ada tiga hal yang akan di nilai dalam penilaian EPD tingkat Kabupaten. Bidang Penyelengaraan Pemerintah, Bidang Kewilayahan, Bidang Kemasyarakatan, di masing masing bidang ini memiliki indikator/aspek dibagi menjadi 19 indikator. Bidang Toga, BKB dan Kaersipan ditambahkan dalam Penialaian ini.

Hal hal lainya yang menjadi dokumen wajib yang disediakan dalam Penilaian EPD tingkat Kabupaten, Desa wajib memiliki Buku Profil Desa 2 Tahun terakhir, memiliki Perdes tentang RPJMDes dan RKPDes tahun 2019, kemudian hasil dari pembinaan EPD tingkat kecamatan ini.

Kemudian penunjang yang lainya untuk menjadi syarat dalam penilaian EPD nantinya adalah gambaran umum potensi keunggulan serta inovasi yang ada didesanya.
dilanjutkan dengan pembinaan langsung ke Tim EPD Desa oleh Tim Kecamatan.

Share Post :