Pembinaan dan Evaluasi Subak Abian Desa Telaga dari Tim Kabupaten Buleleng

  • Admin Busungbiu
  • 07 November 2019
  • Dibaca: 81 Pengunjung

Kamis, 7 Nopember 2019 Pembinaan dan Evaluasi Subak Abian di Desa Telaga dari Tim Pembina Kabupaten Buleleng yang bertempat di Pura Subak Abian

Tim Pembina dipimpin oleh Made Sriwati S.Sos ( Kabid Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng) dan diterima oleh Camat Busungbiu yang diwakili I Ketut Suandi S.Ag (Staf Sos Kec.Busungbiu ) , Perangkat Desa, Kelian Adat, Klian Prajuru dan Krama Subak Telaga.

Dalam Sambutannya Kepala Dinas Kebudyaaan Kabupaten Buleleng yang diwakili Kepala Bidang Adat dan Tradisi mengatakan bahwa tujuan daripada pembinaan adalah melestarikan Keberadaan Subak yang sudah menjadi warisan nenek moyang dan perlu dipertahankan sekaligus dapat meningkatkan tarap kehidupan Krama Subak. Pembinaan dilaksanakan dimasing masing Baga : Baga Prahyangan oleh Jro Mangku Ketut Wijana , Baga Pawongan oleh I Nyoman Sukanara ,dan Baga Palemahan Erawati.
Pembinaan berlangsung dengan aman tertib dan lancar serta banyak masukan masukan dari Krame Subak misalnya mengenai sikap senbahyang yang baik dan benar , sarana muspa :bunga yang boleh digunakan untuk muspa, tentang pelaksanaan Awig Awig Adminitrasi Keungan Subak dan adminitrasi lainnya berjumlah (13) buah buku. Dan dibidang Palemahan tentang pola tanam dan pengolahan lahan serta penggunaan pupuk organik dan an organik. Dari pihak kabupaten juga sangat berharap bahwa apibila krama ada yang berkeinginan , alat pengolahan tanah agar mebuat proposol dan mengajukan permoohonan ke Dinas terkait .

Share Post :