UPK DAPM Sasana Artha Kecamatan Busungbiu Menggelar Musyawarah Kecamatan Dengan Penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban Tahun 2020 dan Perencanaan Kegiatan Tahun 2021

  • Admin Busungbiu
  • 18 Januari 2021

ACARA MUSYAWARAH KECAMATAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN UPK PDAPM SASANA ARTA KECAMATAN BUSUNGBIU TAHUN 2020.

Dilaksanakan di gedung IPSA Pak Oles Desa Bengkel, Pada hari ini Senin, 18 Januari 2021.

Camat Busungbiu " I Gede Putra Aryana.S.Sos.,MAP menyampaiakan Sebagaimana yang sudah disampaikan, Musyawarah Kecamatan pada hari ini mengagendakan penyampaian laporan pertanggungjawaban pengelolaan kegiatan tahun 2020 dan pengesehan rencana kerja, rencana keuangan yang akan dikelola di tahun 2021 PDAPM Sasana Artha Busungbiu yang merupakan transformasi pengelolaan Dana Bergulir ex-PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Busungbiu dengan unit kegiatan penyaluran kredit pinjaman kepada kelompok masyarakat dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP).
Dalam pra-MK yang sudah diselenggarakan pada tanggal 8 Januari 2021, telah disampaikan bahwa secara keseluruhan kegiatan, UPK DAPM Sasana Artha telah mampu melampau target Surplus yang direncanakan walaupun dalam situasi wabah covid-19 yang sedang berlangsung. Kami sangat mengapresiasi kinerja yang sudah dilaksanakan oleh seluruh Pengelola dan Pengawas UPK DAPM Sasana Artha, yang telah mengambil langkah-langkah preventif dalam menyikapi situasi ekonomi sebagai dampak covid-19, dengan cara memberikan keringanan dalam pembayaran pokok pinjaman kepada kelompok (reschedule pinjaman), lebih memfokuskan pinjaman kepada kelompok Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan melaksanakan pengawasan terhadap seluruh kelompok peminjam yang ada.

Sejak terkonfimasinya kasus covid-19 di bulan Maret 2020, hampir seluruh sektor kegiatan dan usaha merasakan dampaknya, tak hanya kesehatan. Sektor ekonomi juga mengalami dampak serius akibat pandemi virus corona. Termasuk di Bali yang bertumpu pada sektor pariwisata. Pembatasan aktifitas masyarakat berpengaruh pada aktivitas usaha yang kemudian berimbas pada perekonomian.
Banyak kebijakan telah diambil Pemerintah untuk menangani wabah covid-19, seperti pembatasan aktifitas masyarakat, penerapan protocol kesehatan, bantuan jejaring social dan menetapkan prioritas-prioritas dana untuk pemulihan ekonomi masyarakat. Dan diharapkan UPK DAPM Sasana Artha dapat berkontribusi juga didalam usaha pemulihan ekonomi masyarakat, khususnya untuk usaha-usaha mikro kecil di Kecamatan Busungbiu.
Prioritas penguatan modal berupa pemberian pinjaman kredit UEP dapat membangun ekonomi local dan memberikan dampak yang positif untuk pemberdayaan usaha mikro kecil di desa, sehingga mampu produktif, memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk keberlangsungan hidup masyarakat, ditengah-tengah situasi ekonomi yang serba sulit ini.
Tentunya ini tidak terlepas dari kerjasama Perbekel dalam memberikan masukan-masukan yang positif untuk kemajuan pengelolaan kegiatan di UPK DAPM Sasana Artha serta ikut melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap kelompok-kelompok binaan yang ada di masing-masing desa. Diharapkan dengan peran Perbekel tersebut mampu mengurangi permasalahan pinjaman di kelompok, dan mendorong kelompok-kelompok produktif baru untuk memanfaatkan fasilitas pinjaman yang dimiliki UPK DAPM Sasana Arta Busungbiu.

Adapun Yang Hadir Kepala Dinas PMD Kabupaten Buleleng/ yang mewakili, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Buleleng/ yang mewakili, Kapolsek Busungbiu/ yang mewakili, Danramil Busungbiu/ yang mewakili, Perbekel se-Kecamatan Busungbiu, Ketua TP PKK Kecamatan Busungbiu, dan TP PKK Desa se Kecamatan Busungbiu
Pengurus PDAPM Sasana Artha Busungbiu;
Seluruh undangan yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

 

Share Post :