Pemerintah Kecamatan Busungbiu Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Bali Yang Ke 62

  • Admin Busungbiu
  • 14 Agustus 2020

Pemerintah Kecamatan Busungbiu Upacara Bendera Peringatan Hari Jadi Ke -62 Provinsi Bali Dengan Tema " PENYUCIAN JIWA DAN ALAM SEMESTA TATANAN KEHIDUPAN BALI ERA BARU " Bertempat di Halaman Kantor Camat Busungbiu, Jumat (14/8).

Pidato Gubernur Bali dalam Upacara Bendera Peringatan Hari Jadi. Ke - 62 Provinsi di bacakan oleh Camat Busungbiu " I Gede Putra Aryana. S. Sos., MAP. mengajak seluruh komponen krama bali, untuk menjadikan perinagatam hari jadi Provinsi Bali ini, sebagai momentum penting dan strategis dengan memaknai perjalanan panjang Provinsi Bali dalam tiga dimensi waktu, yaitu masa lalu (Atita), masa kini (Wartamana), dan masa yang akan datang (Anagata).

Saya ingin menegaskan kembali bahwa, ada 3 unaur utama yang harus di pahami secara komperhensip tentang Bali yaitu: Alam Bali, Krama Bali, Kebudayaan Bali. ketiga unsur utama tersebut menjadi satu kesatuan tata cara kehidupan Krama Bali yang berkebudayaan tinggi.

Oleh Karena itu, diperluakan orientasi dan arah kebijakan untuk menata pembangunan Bali secara fundamental dan komprenhensif dengan Visi baru yaitu : "NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI" melalui pola pembangunan semesta berencana, menuju BALI ERA BARU, yang mengandung makna " menjaga kesucian dan keharmonisan alam bali beserta isinya"

BALI ERA BARU yaitu : suatu era yang ditandai dengan tatanan kehidupan baru : bali yang kawista, bali tata-titi tentram kerta raharja gemah rimpah lohjinawi, yakni tatanan kehidupan holistik yang meliputi 3 dimensi utama, yaitu: dimensi pertama, bisa menjaga keseimbangan alam, krama, dan kebudayaan bali, genuine bali
dimensi kedua, bisa memenuhi kebutuhan, harapan, dan aspirasi krama bali dalam berbagai aspek kehidupan, dan
dimensi ketiga merupakan manajemen resiko, yakni memeliki kesiapan yang cukup dalam mengantisipasi munculnya permasalahan dan tantangan baru dalam tataran lokal, nasional, dan global yang akan berdampak secara fositif maupun negatif terhadap kondisi masa yang akan datang.

Bali Era Baru diwujudkan melalui lima bidang prioritas pembangunan yaitu : Bidang 1 Pangan, Sandang,dan Papan, Bidang 2 Kesehatan dan Pendidikan, Bidang 3 Jaminan Sosial dan Ketenagakerjaan dan Bidang 4 Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya, Bidang 5 Pariwisata. dari lima bidang tersebut didukung dengan pembangunan infrastruktur darat, laut dan udara secara terintegrasi dan terkoneksi.

Selaku Insfektur Upacara Camat Busungbiu I Gede Putra Aryana. S. Sos. MAP. Perwira Upacara I Putu Edy Sutrisna.S.Kom. Pemimpin Upacara AIPTU Ketut Kedulai dan Peserta Aubade SMA N 1 BUSUNGBIU dan Upacara diikuti oleh Muspika Kecamatan Busungbiu, Kepala Instasi Nivo Kecamatan Busungbiu, ASN Kantor Camat Busungbiu.

Peserta Upacara Bendera Peringatan Hari Jadi ke -62 Provinsi Bali semua sudah mengikuti protokol kesehatan berlaku yang sudah disediakan oleh pihak kecamatan busungbiu.

 

Share Post :