Pemdes Umejero Menggelar Musrenbangdes Untuk Penyusunan RKP Tahun 2021

  • Admin Busungbiu
  • 31 Agustus 2020

Pemdes Umejero Menggelar MusrenbangDes Pada hari ini, Senin ( 31/8).
Bertempat di RR Kantor Perbekel Desa umejero.

Sesuai dengan jadwal yang dibuat Tim Musrenbang Kecamatan Busungbiu.
Pada hari ini Camat Busungbiu " I Gede Putra Aryana. S. Sos., MAP didampingi Kasi Pembangunan Kantor Camat Busungbiu " I Putu Edy Sutrisna. S. Kom. untuk hadir dalam acara tersebut.

Adapun hadir dalam acara MusrenbangDes Desa Umejero yaitu : Muspika Kecamatan Busungbiu, Kepala Instansi Nivo Kecamatan Busungbiu, BPD dan LPM Desa Umejero, Bendesa Adat Desa Umejero, serta pemangku kepentingan lainnya.

Musrenbangdes merupakan agenda tahunan dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa yang termuat dalam dokumen RKP Desa, sebagai tahapan lanjutan setelah musdes perencanaan tahun 2021.

RKP Desa merupakan penjabaran dari RPJM Desa yang memuat rencana penyelenggaraan pemerintah desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa untuk jangka waktu 1 tahun.

Adapun agenda dari Musrenbang Desa hari ini adalah

1.membahas dan menyeoakati prioritas kegiatan pembabgunan skala desa berdasarkan pendapatan desa.
2. Membahas prioritas kegiatan pembangunan yang bersumber dari APBN, APBD I dan APBD II yang akan dibahas di musrenbang kecamatan.
3. Memilih dan menetapkan delegasi desa untuk menjadi perwakilan desa dalam kegiatan musrenbang kecamatan.

Perencanaan desa diharapkan mampu mengatasi permasalahan riil masyarakat terutama untuk peningkatan kualitas, peningkatan kesehjatraan sosial dan percepatan penanggulangan kemiskinan.

Di tekankan oleh Camat Aryana Perencanaaan desa harus selaras dengan kebijakan pembangunan kabupaten dalam hal, Pendidikan dan Kesehatan ( terutama intervensi stunting dalam rembuk stunting) , Pemukiman dan Lingkungan Hidup (peningkatan kualitas hidup masyarakat) , Pariwisata Desa ( pengembangan potensi desa untuk peningkatan PAD) , Pertanian dan Perikanan (pengadaan peralatan, bibit, pupuk, dan pelatihan bagi masyarakat terdampat pasca bencana dan Kebencanaan ( analisis kebencanaan, keadaan darurat dan mendesak).

Acara berlangsung dengan protokol kesehatan covid-19 yang berlaku.

Share Post :