Pelatihan Inovasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Tahun 2019 di Buka Camat Busungbiu I Gede Putra Aryana,S,Sos,M.AP.

  • Admin Busungbiu
  • 19 Agustus 2019
  • Dibaca: 67 Pengunjung

 

Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Masnusia terhadap Kader Pembangunan Manusia (KPM) dimana merupakan salah satu program di bidang PSDM dari TPID Kecamatan Busungbiu di Tahun 2019, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa serta Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan TPID Kecamatan Busungbiu guna diselenggarakannya pelatihan terhadap Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang sudah dibentuk Tentang stunting yaitu Pertumbuhan anak kurang mendapatkan asupan gisi (gizi buruk). pada hari ini, (19/8) bertempat di Bali Nibbana Resort Desa Umeanyar, Kec, Seririt.

Kegiatan pelatihan Kader KPM diikuti oleh 15 Desa se Kecamatan Busungbiu yang sudah dibentuk untuk diberikan pelatihan selama 2 hari dari tanggal 19-20 Agustus 2019, Dalam Kesempatan ini pelatihan KPM dibuka oleh Camat Busungbiu I Gede Putra Aryanab,S,Sos,MAP. didampingi Kasi Pembangunan I Putu Edy Sutrisna,S,Kom. serta Tim Pembina Kabupaten, diantaranya TA -PSD,TA-PED, dan Pendamping Desa, bersama-sama membuka pelatihan tersebut.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas PMD dan Kepala Dinas Kesehatan Kab.Buleleng hadir dalam acara tersebut yang kali ini dari DPMD diwakili oleh Sekdis PMD Made Sukreni dan Dari Dinas Kesehatan diwakili oleh Kabid Kesmas I Wayan Suretanaya.

Pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan kesehatan di bidang stunting dan kegiatan konvergensi pencegahan stunting dari ibu hamil hingga melahirkan, sehingga tingkat keselamatan ibu Hamil serta kesehatan bayi tetap terjaga. Selain Itu, tingkat kesehatan balita dalam melaksanakan imunisasi diberikan dalam materi pelatihan, serta tumbuh kembang perkembangan balita dari baru lahir hingga menginjak anak-anak.

Adapun materi pelatihan yang di berikan di hari pertama antaranya, stunting dan kegiatan konvergensi pencegahan stunting dari Dinas Kesehatan Buleleng serta pengenalan tikar Pertumbuhan dan Pemantauan Layanan Konvergensi stuntingdi Desa narasumber dari TA dan Pendamping Desa. Nantinya di hari ke 2 pelatihan akan dilaksanakan simulasi pemantauan Layanan dan Penggunaan scorecard Pencegahan Stunting di Desa sekaligus penyusunan konvergensi Stunting.

Kader KPM yang sudah dibentuk di masing-masing Desa, diharapkan mampu serta nantinya bisa menggetoktularkan apa yang terdapat dalam pelatihan serta menginplementasikan apa yang sudah diberikan dalam pelatihan.

Share Post :